Expo Jatirogo Dilaunching, Berharap Kenalkan Potensi UMKM

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Expo UMKM dan Pameran Pendidikan di Kecamatan Jatirogo, resmi dilaunching, Senin (21/8/2017) sore tadi. Event yang diprakarsai Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Jatirogo ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72.

Koordinator Expo UMKM dan Pameran Pendidikan, M. Aji Syafii menerangkan, kegiatan yang dipusatkan di lapangan Pasar Desa Sugihan itu untuk mengenalkan produk unggulan masyarakat Jatirogo. Expo yang dijadwalkan berlangsung mulai hari ini (21- 24/8/2017) mendatang itu panitia PHBN menyiapkan puluhan ruang pameran yang tidak kurang dari 60 stand.

"Tujuan kami untuk membantu mengenalkan jenis potensi yang ada agar meningkatkan pendapatan pelaku UMKM setempat," imbuh bapak dua anak itu.

Pada kesempatan yang sama, Camat Jatirogo, Moh Nawawi menilai, kegiatan semacam ini dapat dijadikan sebagai ajang pembinaan pelaku UMKM maupun masyarakat pendidikan. Harapannya, dengan adanya expo ini, sebagai pengembangan destinasi wisata di Bumi Wali.

"Pameran ini bisa dijadikan ajang pembinaan seni dan budaya siswa, serta dapat meningkatakan ekonomi warga Jatorogo," tukas Camat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Sutrisno menyatakan dengan adanya pameran produk UMKM dan pendidikan ini sebagai unjuk potensi kecamatan yang berbatasan langsung dengan kecamaatan Sale, Rembang, Jawa Tengah itu. Kecamatan Jatirogo, layak menjadi kota kedua setelah Kecamatan Tuban Kota, untuk itu dengan adanya pameran ini bisa mengurangi angka kemiskinan yang ada.

"Semoga dengan adanya event ini bisa menjawab tantangan Kabupaten Tuban dengan indeks angka kemiskinannya," harap Sutrisno saat membuka expo yang bertajuk 'Umbar Makbyar' itu.

Pantauan blokTuban.com di lokasi, sejumlah stand pasar telah dipenuhi dengan hasil potensi sekolah dan desa. Kegiatan yang dibuka oleh Forkopimka dan Kepala Dinas Pendidikan Tuban itu, dimeriahkan tampilan atraktif tari tradisional siswa SD, gamelan modern, dan Barongsai dari Pondok Modern Al Muhibbin Jatirogo. [rof/col]