Agustusan, Perajin Properti Sugihan Kebanjiran Pesanan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus menjadi berkah tersendiri bagi perajin properti karnaval di Tuban, Jawa Timur. Sebab pada momen Agustusan inilah mereka biasanya kebanjiran pesanan.

Perajin properti asal Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Yono Ghepo (40) misalnya. Di bulan Agustus 2017 ini, menjelang karnaval 17-an ia dibanjiri pesanan dari desa dan sekolah.

"Bersyukur setiap tahun pasti ada, bahkan sampai nolak-nolak," ujar seniman satu anak itu, saat ditemui blokTuban.com, Selasa (15/8/2017).

Pesanan tidak hanya dari Kecamatan Jatirogo, tapi juga luar daerah. Karena waktu yang cukup singkat, akhirnya tidak semua pesanan terlayani. Selain waktu, menurut Ghepo, yang jadi penyebab penolakan pesanankarenar terbatasnya tenaga. Untuk mengerjakan pesanan semua itu, ia hanya dibantu tiga orang teman yang juga seniman.

"Pesanan kali ini ada 8 set dan menolak 4 lembaga, sebab waktunya yang tidak mencukupi," imbuh pemilik studio lukis 'Yono Ghepo' ini.

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, hingga pagi ini dirinya masih berkutat dengan lukisan dan properti yang akan digunakan untuk memeriahkan 17 an nanti. Di depan studio lukisnya, bersama 3 rekannya sedang mengerjakan properti karnaval yang bertemakan Barongan. [rof/ito]