Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan penggilingan padi (Perpadi) Tuban, Kasmono Wibowo mengatakan, pabrik atau usaha penggilingan padi di Tuban belum berjalan maksimal.

Hal itu menurut dia bisa dilihat dari proses produksi penggilingan padi yang semakin menurun yang terjadi belakangan ini.

"Penggilingan padi di Tuban belum maksimal, akhir-akhir ini banyak yang tidak berproses," ujarnya kepada blokTuban.com, Senin (14/8/2017)

Menurut Kasmono, menurunnya proses produksi penggilingan padi dikarenakan banyak pabrik penggilingan yang mulai putus asa dalam mendapatkan bahan pokok makanan tersebut.

Harga padi sekarang bersaing, banyak dari luar daerah yang membeli padi petani dengan harga tinggi. Sedangkan penggilingan lokal tidak sanggup mengikuti pola permainan harga dari pengusaha luar Tuban.

"Kita tidak mampu mengikuti permainan pengusaha luar Tuban, kalau kita ikuti dia terus menaikkan harga, itulah salah satu faktor produksi penggilingan padi di Tuban menurun," pungkasnya.

Data sementara yang dimiliki DPC Perpadi Tuban, rata-rata setiap desa yang memiliki lahan produktif pertanian memiliki empat penggilingan padi.[nok/ito]