Manis dan Segar Legen Desa Gaji

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selain berada di wilayah Kecamatan Semanding dan Palang, Kabupaten Tuban, minuman khas Tuban yakni Legen, juga dapat dijumpai di Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Dari pantauan blokTuban.com, di desa tersebut beberapa penjual minuman dengan rasa manis nan segar itu, berjajar di tepi jalan Desa Gaji-Wolutengah, Kecamatan Kerek.

Dengan kondisi musim panas seperti ini, pedagang legen bisa menjual hingga beberapa botol perharinya atau sekitar 20 liter. Sedangkan saat ramai seperti pada bulan puasa, penjualan legen bisa 50-60 liter perhari.

Menurut salah satu penjual, Ti'ah mengungkapkan, mimuman legen yang dijajakan di depan rumah tersebut dibelinya dari warga Desa Gaji sendiri, yang mana warga tersebut mempunyai banyak pohon siwalan yang tumbuh di desa setempat.

"Di sini legenya baru terus, karena pohon siwalannya juga lumayan banyak," ungkap Ti'ah kepada blokTuban.com, Rabu (9/8/2017).

Tiah menambahkan, setiap satu botol berukuran besar, ia menjual legen asli Desa Gaji tersebut dengan harga Rp8.000. Pembeli bisa juga meminumnya langsung di tempat dengan ditambah es.

Sementara itu, salah satu pembeli, Munif, mengaku sudah biasa mencicipi legen asli dari Desa Gaji, menurutnya rasa legen tersebut manis dan segar. "Ini legen dari Desa Gaji sendiri, rasanya manis dan segar," pungkasnya. [hud/rom]