Kadinkes: Campak dan Rubella Berbahaya, Sehingga Perlu Vaksinasi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jenis penyakit Campak/Measles dan Rubella sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama kesehatan pada anak. Karena hal itu, perlu adanya vaksinasi hingga tuntas sampai mata rantainya putus.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Syaiful Hadi menjelaskan bahaya penyakit Campak/Measles yang bisa mengakibatkan penderitanya terkena radang paru-paru atau pneumonia dengan komplikasi diare, kurang gizi sampai menimbulkan kematian.

"Komplikasi campak di antaranya diare, kurang gizi sampai pada kematian, terutama pada anak-anak Balita," kata Syaiful Hadi kepada blokTuban.com, Selasa (8/8/2017).

Sedangkan, masih kata Syaiful, Rubella selain berbahaya bagi anak kecil juga berpotensi menular pada ibu hamil dan berpengaruh dengan pertumbuhan janinnya.

Karena apabila menulari pada ibu hamil, bayi yang berada di kandungan bisa cacat permanen saat lahir. "Bila Rubella itu menular pada ibu hamil maka akan menyebabkan bayi yang dikandungnya itu cacat pada otak, mata buta dan tuli permanen sehingga sulit untuk disembuhkan," pungkasnya. [hud/col]