APT Berusaha Wujudkan Tanggung Kampung Layak Anak

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Melalui permainan tradisional yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72, Aliansi Pemuda-Pemudi Tanggung (APT) berusaha mewujudkan Dukuh Tanggung, Desa Kedungjambangan sebagai kampung layak anak.

Pada momen peringatan hari lahir Negara Indonesia yang lebih dari setengah abad ini, komunitas yang didirikan empat tahun silam itu berupaya agar permainan tradisional bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari secara berkelanjutan.

Kampung layak anak, bisa terwujud jika mendapat dukungan dan kerjasama banyak pihak dan lintas sektoral. Sebab, dalam kegiatan mewujudkan cita-cita mulai ini, memerlukan kerja keras dan gotong royong.

"APT berharap, semua stakeholder setempat bisa memandang positif apa yang sudah kita lakukan. Sehingga program ini bisa ditindaklanjuti Pemerintah Desa hingga Kabupaten yang lebih memiliki kewenangan secara masif," ungkap perwakilan APT, Rudi Hamzah, Minggu (6/8/2017).

Untuk mewujudkan kampung layak anak, tujuannya memberikan hak anak dalam seluruh aspek kehidupan. Mulai dari kebiasaan, hingga penetapan kebijakan regulasi hingga infrastruktur.

Cita-cita kampung layak anak perlu ditargetkan secara sistematis. Maka diharapkan kegiatan ini bisa menular ke kampung lain, sehingga setiap daerah bisa dijadikan kampung layak anak.

"Memang syaratnya berat, namun semoga ini bisa membantu pemenuhan hak anak," pungkasnya. [rof/ito]