Tiga Petugas Inilah yang Menutup Patung Kong Co

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Patung Kong Co Kwan Sing Tee Koen akhirnya ditutup menggunakan kain berwarna putih secara keseluruhan, setelah terjadi polemik belakangan ini.

Penutupan patung setinggi 30 meter yang berada di kompleks belakang Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban tersebut, dikerjakan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Namun, tidak terlepas dari peran tiga petugas yang berupaya menutupi patung dengan kain sebanyak 40 roll. Tiga petugas itu adalah Sumitomo warga kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban, Gofur warga Desa Boncong, Kecamatan Bancar dan Bobi warga Kecamatan Palang.

"Seperti yang terlihat, pengerjaan penutupan patung dikerjakan mereka bertiga dari atas," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono kepada blokTuban.com, Minggu (6/8/2017)

Joko menjelaskan, pengerjaan penutupan menggunakan kain ini sudah dilakukan sejak Sabtu kemarin, dan hari ini adalah batas terakhir.

Seharusnya, jika mengacu pada proses, pagi tadi sudah selesai. Namun, karena ada kendala akhirnya diundur waktu penyelesaiannya.

"Mereka sudah mengerjakan penutupan patung sejak kemarin, para petugas ini lembur," papar dia.

Mantan Camat Widang itu menyatakan, pengerjaan penutupan patung akan diakhiri hari ini. Sebab, alat berat (crane) harus segera dikembalikan ke pemilik.

"Ini sudah mulai menunjukkan progres, sudah tampak mulai selesai," pungkasnya. [nok/col]