Calon Panwaskab Bakal Uji Kelayakan dan Kepatutan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Enam orang dari dua belas calon Panitia Pengawan Kabupaten (Panwaskab) Tuban dinyatakan lulus mengikuti tes wawancara oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur (Jatim). Sebelumnya, dua belas orang calon Panwaskab Tuban itu, mengikuti tes wawancara di Hotel Sahid Surabaya, Jalan Sumatera No.1–15, Kota Surabaya, Kamis (20/7/2017) yang lalu.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, calon panwaskab Tuban yang lulus tes wawancara diwajibkan menulis makalah yang berisi penjelasan gambaran umum penyelenggaraan pemilu dan pentingnya pengawasan pemilu. Makalah tersebut kemudian dikirim dalam bentuk soft file ke email timseljatim2017@gmail.com paling lambat 2 hari sebelum pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan, dan hard copy diserahkan pada saat pelaksanaan.

Salah satu calon Panwaskab Tuban, Sullamul Hadi mengatakan, enam orang akan bertolak ke Sidoarjo, Jawa Timur pada Jumat (18/8/2017). Mereka akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di The Sun Hotel, Jl. Pahlawan No. 1, Sidokumpul, Sidoarjo (kawasan Suncity Plaza).

“Dari dua belas orang, ada enam yang dinayatakan lulus tes wawancara. Susuai jadwal Bawaslu, kita diminta mengikuti uji kelayakan dan kepatutan Jumat depan di Sidoarjo,” terang Gus Hadi sapaan akrabnya, Kamis (3/8/2017).

Mantan ketua Panwaskab Tuban itu mengaku, segala persiapan telah ia lakukan. Baik mengenai dokumen pribadi maupun makalah yang berkaitan dengan regulasi pemilu, pengawasan, dan perkembangan politik. Ia juga berharap semua calon yang nantinya terpilih menjadi anggota Panwaskab adalah orang-orang yang berkualitas.

“Tiga orang calon terbaik akan dipilih dan dipercaya menjadi anggota Panwaskab Tuban nantinya,” imbuh pria yang saat ini menjabat sebagai ketua GP Ansor Tuban itu. [rof/ito]

Berikut nama-nama yang berhak mengikuti pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan calon Panwaskab Tuban:

1.MASRUKHIN, S.Ag.
2.M. ARIFIN
3.LUTFIL HAKIM
4.SULLAMUL HADI, S.Ag, SH, MH
5.NUNUK FAUZIAH, M.M.
6.JOKO HADI PURNOMO