Waspada, Fokus Berkendara Minimalisir Kecelakaan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Polisi mengimbau, bagi pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat atau lebih, untuk meningkatkan konsentrasi saat berkendara. Mengingat, jumlah kendaraan semakin hari semakin padat.

Hal itu disampaikan Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Tuban, AKP Eko Iskandar, pasca terjadinya kecelakaan lalu lintas di Tuban yang beruntun dalam dua hari ini. Pihaknya berharap, pengguna jalan lebih berhati-hati di jalan agar tidak menambah angka kecelakaan.

"Dari Kepolisian mengimbau, masyarakat agar lebih berhati hati dalam mengendarai kendaraan di jalan," ungkap Eko sapaan akrabnya, Rabu (12/7/2017).

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, pada Selasa (11/7/2017) siang, kecelakaan roda empat terjadi di jalur Pantai Utara (Pantura) Jenu, Tuban yang diduga akibat menghindari roda dua. Akibatnya, sebuah mobil jenis Avanza nyungsep di parit tepi jalan.

Berselang satu hari, atau tepatnya hari ini, Rabu (12/7/2017) pada pukul 13.00 WIB, mobil elf penuh penumpang, terguling di jalur Montong-Merakurak. Akibatnya, puluhan penumpang mendapat perawatan di RSUD dr R. Koesma Tuban.

Kedua kecelakaan tersebut, diduga akibat pengemudi kurang konsentrasi di jalan baik roda dua maupun roda empat. Sebab, menurut informasi saksi, kronologi penyebab kecelakaan di jalur Pantura kemarin, akibat menghindari pemotor yang hendak menyeberang.

Sedangkan, penyebab terjadinya kecelakaan di wilayah Hutan Koro, Merakurak tadi siang, akibat kendaraan kurang stabil. Selain itu, pada kondisi jalan yang posisinya menurun, sang sopir mau mendahului truk di depannya yang berjalan beriringan.

Tahu-tahu, dari arah berlawanan melaju kendaraan lain. Akibatnya mobil elf yang ditumpangi warga Gresik, Jawa Timur itu terguling sampai beberapa kali.

"Kami tegaskan, jangan ada lagi pengendara yang memaksakan diri, termasuk saat mengantuk. Selain itu yang paling penting dilarang mengendarai kendaraan sambil bermain HP," pungkasnya menandaskan. [rof/col]