Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Petani Bawang Merah di Desa Wolutengah, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban mengeluhkan tanaman bawang merah mereka terserang penyakit moler.

Hal itu seperti yang disampaikan, salah satu warga yang merawat tanaman bawang merah di desa setempat, Mulyono. Ia mengatakan penyakit tersebut muncul kemungkinan disebabkan oleh cuaca.

"Penyakit moler ini kemungkinan dipengaruhi cuaca, karena saat ini setelah panas langsung turun hujan," ungkap Mulyono, Selasa (25/4/2017).

Ia mengaku, tanaman bawang merah sekitar seperempat hektare milik warga Desa Wolutengah ini, kemarin saat masih umur 15 hari terserang penyakit moler hingga hampir merata.

Namun, pada umur 30 hari ini, penyakit sudah mulai hilang. Dan tanamman sudah mulai bagus meski perkembanganya kurang maksimal. Ia juga mengatakan, ini penyakitnya sudah mulai hilang, dan ada lagi selain ini yang lebih parah terserang penyakit moler.

Menurut Mulyono, langkah yang diambil untuk mengusir penyakit itu, ia terus melakukan penyemprotan secara rutin. "Ini sudah hampir pulih total, karena saya beri obat secara rutin," pungkasnya.[hud/col]