Peringati Hari Bumi, Bukit Berbatu Rengel Ditanami Pohon

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bukit berbatu di lahan pegunungan karst di Desa/Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban ditanami belasan ribu pohon, dalam rangka memperingati hari bumi, Sabtu (23/4/2017).

Seperti diketahui, peringatan hari bumi yang jatuh pada 22 April 2017 identik dengan kegiatan pelestarian lingkungan. Seperti yang dilakukan di bukit kapur ini, di atas petak 86-87 Rengel Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Plumpang, KPH Tuban.

Sejumlah elemen masyarakat dilibatkan dalam kegiatan kali ini, beberapa organisasi masyarakat, pelajar, pejabat di tingkat kecamatan hingga kabupaten, dan datang pula Assisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad).

"Hutan menjadi media timbal balik yang memiliki siklus mendukung kehidupan," ujar Aster Kasad, Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco.

Dalam peran dan fungsi hutan, lanjutnya, perlu dikaji lebih lanjut. Sebab, saat ini sudah kian luas fungsi hutan, dari sebagai hutan lindung, suaka alam, wisata yang perlu dibarengi perkembangan Sumber Daya Manusia dan penguasaan ilmu teknologi.

"Penghijauan harus dilakukan secara kontekstual, penghijauan tidak bisa dipandang hanya untuk memlihara, namun juga memulihkan fungsi hutan tersebut," tambahnya.

Diketahui, penanaman ini dilakukan di atas lahan seluas 13,3 hektar. Hari ini menjadi puncak dari acara penanaman pohon, dimana sebelumnya telah dimulai sejak bulan Januari lalu, hingga kini 13.000 pohon telah ditanam di lahan berbatu di wilayah Kecamatan Rengel. [dwi/rom]