Gali Potensi Wisata Alam, Pemerintah Soko Gandeng Mapala

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kecamatan Soko berkomitmen mengembangkan potensi wisata desa berbasis alam. Untuk mengoptimalkan penggalian potensi tersebut pihak kecamatan menggandeng mahasiswa pecinta alam (mapala).

"Kita bekerjasama dengan mahasiswa pecinta alam Mahipal Unirow Tuban," kata Camat Soko, Suwito, Kamis (16/3/2017).

Kemarin, lanjut Suwito, telah dilakukan survey ke Desa Klumpit, Kecamatan Soko. Diketahui di sana banyak terdapat goa yang kemungkinan besar berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata alam.

"Survey dilakukan untuk mengetahui layak tidaknya goa untuk dijadikan wisata alam," tambah mantan Camat Grabagan tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Klumpit Sakurahman mengatakan, selama ini untuk keberadaan goa-goa di desa setempat telah diketahui sebelumnya. Namun, lantaran terkendala masalah pendanaan potensi wisata alam belum mendapat perhatian.

Lantas, diketahui terdapat beberapa goa di Desa Klumpit, ujar Sakurahman, Pemerintah Kecamatan Soko bersama Pemerintah Desa Klumpit dan dibantu Mapala melakukan peninjauan lapangan.

"Karena desa kita tidak memiliki aset desa atau tanah bengkok untuk mengencangkan potensi ini akan diusulkan pendanaan dari APBDes pada tahun mendatang," katanya kepada blokTuban.com. [dwi/rom]