Jembatan JUT Putus, Akses Pertanian Lumpuh

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Jembatan Jalan Usaha Tani (JUT) Dusun Mundri, Desa Sidodadi, Kecamatan Bangilan, Tuban putus akibat diterjang banjir, Senin (13/3/2017) malam kemarin.

Akibatnya, akses satu-satunya petani setempat itu lumpuh. Selain itu, jalan tersebut juga sebagai akses ke tempat pemakaman umum muslim Desa Sidodadi.

"Kejadiannya sekitar pukul 22.00 WIB. Pada saat itu juga sedang diguyur hujan deras," ujar Kepala Desa Sidodadi, Ali Subhan saat dikonfirmasi blokTuban.com, Rabu (15/3/2017).

Dijelaskan Ali, penyebab terjadinya kerusakan jembatan yang dibangun dengan dana APBD 2015 itu, karena tanah sekitar jembatan longsor terkikis air kiriman dari sawah di Desa Sidodadi dan Banjarworo. Selain memutus akses pertanian, akibat banjir di sekitar lokasi juga mengakibatkan puluhan meter sawah petani rusak.

"Harapannya segera ada bantuan penanganan jembatan yang dibangun pada tahun 2015 silam itu," ungkap Ali.

Sementara data yang berhasil dihimpun blokTuban.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menyebut, taksiran kerugian jembatan dengan panjang 7 meter dan lebar 4 meter itu sekitar Rp50 juta.

"Tim BPBD usai melaksanakan assesment di lokasi kejadian, kerugian ditaksir sekitar Rp50 juta," jelas Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono. [rof/rom]