Diskoperindag Programkan Kopwan Punya Bank Sampah
Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selama ini Koperasi Wanita (Kopwan) di Kabupaten Tuban, khususnya di Kecamatan Montong masih menonjolkan usahanya yakni, usaha simpan pinjam.

Namun, agar Kopwan tersebut terus berkembang di tahun 2017 ini, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, memprogramkan usaha unit bank sampah.

Hal itu seperti yang dikatakan oleh salah satu pendamping Kopwan dari Diskoperindag Kabupaten Tuban, Mochammad Khoirul Toyib, ia mengatakan setelah program 2016 ini sudah berjalan, program selanjutnya pada tahun 2017 adalah membuka bank sampah dengan memanfaatkan jaringan.

"Artinya jaringan, ibu-ibu bisa mengumpulkan limbah sampahnya, lalu setelah beberapa hari atau satu bulan sampahnya terkumpul, baru diserahkan kepada Kopwan," kata pendamping Kopwan tersebut kepada blokTuban.com.

Selanjutnya, masih kata Muchammad Khoirul Toyib setelah itu, koperasi sekunder akan mengambil sampah tersebut, dan dalam satu bulan sudah menjadi uang yang bisa diambil sesuai dengan timbangan sampah yang diperoleh oleh masing-masing anggota.

"Untuk saat ini, kita masih dalam proses sosialisasi di setiap Kopwan,
Namun direncanakan bulan Maret ini program tersebut sudah menyentuh Kopwan di Kecamatan Montong," kata Mochammad. [hud/col]