Wabup Tuntut Lurah Wilayah Kumuh ini Tingkatkan Kebersihan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein menuntut kinerja Lurah yang utamanya berada di wilayah potensi kumuh dituntut bekerja optimal. Dalam hal ini untuk menjaga kebersihan di tingkat lingkungan kelurahan.

Noor Nahar menjelaskan lurah yang bertugas di wilayah kumuh didesak menciptakan kebersihan lingkungan. Jika hal tersebut tidak kunjung dilakukan ia mengatakan akan menurunkan jabatan lurah yang ada di Kecamatan Tuban menjadi kamituwo atau kepala dusun (Kadus).

"Terutama Lurah Sidomulyo, jika tahun depan masih banyak tumpukan sampah akan menjadi catatan tersendiri,'' ungkap Noor Nahar, pada peringatan Hari Perduli Sampah Nasional (HPSN) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mangunjoyo, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Selasa (28/2/2017).

Menurutnya, wilayah Kecamatan Tuban menjadi representatif Kabupaten Tuban. Sebab itu harus ada komitmen bersama meminimalisir lingkungan kumuh yang melibatkan stakholder, masyarakat, pemerintah, maupun LSM untuk menjaga kebersihan.

Lebih lanjut Wabub Noor Nahar mengatakan, jika tidak dikelola dengan baik sampah akan menjadi malapetaka dan sumber penyakit. "Namun, jika dikelola dengan baik sampah akan memiliki manfaat dan nilai ekonomi tersendiri," tambahnya.


''Maka dari itu mari kita dorong berdirinya bank-bank sampah di Kabupaten Tuban. Sehingga, pengelolaan sampah akan tertangani dengan baik,'' tambahnya.

Sementara itu, Camat Tuban, Erkamni mengatakan pertemuan yang kali ini melibatkan forum bank sampah di Tuban. Ada komitmen yang dibawa dalam satu pertemuan yakni upaya menciptakan dan menularkan kebiasaan dalam mengelola sampah di lingkungan sekitar.

"Ini menjadi wujud nyata utamanya forum bank sampah lebih giat menciptakan lingkungan bersih dan sehat," kata Erkamni menambahkan.[dwi/]