Pemkab Tuban Akan Kembangkan Perkebunan Durian
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Provinsi Jawa Timur akan memperluas areal perkebunan durian di Kecamatan Kenduruan tahun ini. Perluasan tersebut akan dilakukan di Desa Jlodro dan Jamprong.
 
"Melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, pemerintah akan segera mengirim 2.000 bibit durian ke dua desa yang saat ini tumbuh subur buah tersebut," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Kenduruan, Sugiharto, Jumat (24/2/2017).
 
Pemberian bibit ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan keragaman raja buah tersebut, sekaligus meningkatkan produksi. Dikatakan Sugiharto, jenis bibit yang diberikan kepada petani tersebut, varietas Montong.
 
Ia menambahkan, masing-masing desa mendapat 1000 bibit untuk disalurkan langsung ke petani yang mendapat bantuan perluasan areal tanam. Bibit yang disediakan menurutnya, hasil stek bukan dari pembibitan biji.
 
"Bibit sudah disediakan dan akan dikirim tahun ini, kemudian secara berkala petani akan diberi penyuluhan dan pendampingan," tandasnya.
 
Diberitakan sebelumnya, saat ini di wilayah Kenduruan tumbuh subur dan berbuah tanaman durian. Usianyapun sudah lebih dari lima belas tahun. Dari data yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, jumlah populasi tanaman durian tersebut sebanyak 300 pohon. [rof/col]