Musim Ini, Tanaman Cabai di Grabagan Berkurang 1.665 Hektare

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kecamatan Grabagan merupakan salah satu kecamatan pemasok cabai terbesar di Kabupaten Tuban. Tak pelak dari lahan pegunungan tersebut, setiap tahunnya terdapat ribuan hektare lahan yang ditanami tanaman cabai oleh para petani.

Namun, dari tahun ke tahun luas lahan tanaman cabai di Kecamatan Grabagan berubah-ubah, ada kalanya luas tanaman cabai tersebut berkurang dan ada kalanya luas tanaman cabai bertambah.

Seperti yang terjadi tahun ini, dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com, luas tanaman cabai yang berada di Kecamatan Grabagan berkurang hingga sekitar 1.665 hektare.

"Kurang lebih musim ini tanaman cabai berkurang hingga 1.665 hektare," kata Yuliana petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan Pengamat Hama dan Penyakit (POPT-PHP) Kecamatan Grabagan, Selasa (21/2/2017).

Sebelumnya, kata Yuliana, luas tanaman cabai di Kecamatan Grabagan mencapai hingga kurang lebih 3.675 hektare, namun musim ini tanaman cabai hanya seluas kurang lebih 2.010 hektare.

Ia menjelaskan, hal itu karena pengaruh cuaca yang menyebabkan benih yang ditanam para petani tidak tumbuh. Meski tumbuh saat ditanam, tanaman cabai diserang penyakit, sehingga harga bibit melambung dan petani tidak mampu membeli.

"Faktor cuaca yang menyebabkan bibit cabai para petani membusuk dan diserang penyakit," tambah Yuliana. [hud/col]