BPBD Lakukan Evakuasi Meterial yang Selamat

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban mulai mengevakuasi benda yang dapat diselamatkan dari sisa amblesnya rumah di Wire, Kelurahan Gedungombo, Kecamatan Semanding, Selasa (21/2/2017).

Baca juga [Kerugian Ditaksir 200 Juta]

Seperti diketahui, peristiwa amblesnya rumah yang ditinggali Antok dan istrinya hingga kedalaman 3 meter itu sontak menggegerkan masyarakat. Tidak menunggu lama, siang hari tim BPBD dibantu beberapa masyarakat setempat memindahkan barang berharga milik korban serta material lain seperti rangka kayu besar, beberapa sangkar dan benda lain ke lokasi yang lebih aman.

"Saat ini korban rumah ambles dipindahkan ke rumah tetangga, sementara bangunan yang berbahaya (hampir ambruk) kita rubuhkan," kata Kasi Konstruksi BPBD Tuban, Muclis Suadi di lokasi kejadian.

Luas wilayah yang terdampak amblesnya tanah di sekitar komplek Pondok Pesantren Perut Bumi tersebut membahayakan lahan sekeliling. Muchlis mengatakan, sekitar radius 50 meter luasan lahan terdampak ambles. Tanah sekitar terdapat jejak retakan yang berujung pada titik pusat ambles.

"Sementara perkiraan penyebab amblesnya rumah karena gua di bawah tanah ambruk," ujar Muchlis kepada blokTuban.com.

Untuk pemeriksaan lanjut, tim tindak cepat BPBD juga melakukan penyisiran guna memastikan tidak adanya aliran air di bawah yang terdampak. Selain itu, garis polisi telah terbentang sebagai peringatan wilayah untuk tidak dilewati. [dwi/rom]