Paraker dan KKN STAI Al-Hikmah Punguti Sampah di Ngipeng

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada 21 Februari, Pecinta Alam Remaja Kerek (PARAKER) bersama Mahasiswa KKN Participatory Action Reserch (PAR) 2017 STAI AL- HIKMAH Tuban mengadakan aksi pemungutan sampah, Minggu (19/2/2017).

Selain dari Paraker dan KKN Participatory Action Reserch (PAR) 2017 STAI AL- HIKMAH Tuban, aksi tersebut diikuti sekitar 100 peserta yang terdiri dari Polsek Kerek, Puskesmas Kerek, Karang Taruna Desa Temayang, Pecinta Alam SMA N 1 Kerek, Kerek News dan MA Salafiyah Kerek.

Pemungutan sampah dilakukan disepanjang Jalan Raya Ngipeng mulai start dari selatan kolam renang Ngipeng sampai dengan finish di Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Kecamatan Kerek yang jaraknya kurang lebih satu kilometer.

Koordinator aksi dari Paraker, Abdul Muin, mengatakan, aksi ini dilakukan di sekitar kawasan Hutan Ngipeng, Desa Temayang, dikarenakan sampah yang setiap harinya tidak semakin berkurang namun terus bertambah.

"Saya berharap area Ngipeng ini tidak menjadi tempat pembuangan sampah, sehingga sumber mata air Ngipeng tetap bersih karena sebagian kebutuhan air warga Kerek dari ngipeng ini," kata Masmuin kepada blokTuban.com.

Terpisah, perwakilan dari KKN STAI AL-HIKMAH Tuban Mohammad Yusuf, mengungkapkan tujuan dari aksi pemungutan sampah ini agar masyarakat peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Semoga dengan aksi pemungutan sampah ini, masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan," tambah Yusuf.[hud/col]