Dinas Pendidikan Kucurkan Rp7 Miliar Bagi Siswa SMA/SMK Swasta

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban mengucurkan anggaran dana sebesar 7 miliar bagi siswa yang telah mengenyam pendidikan di tingkat SMA/SMK Sederajat swasta.

Kendati wewenang sekolah negeri tingkat SMA Sederajat  telah menjadi tanggung jawab Provinsi, namun Pemkab mempunyai perhatian dalam memberi bantuan sosial melalui beasiswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Sutrisno mengatakan, saat ini Pemkab telah siap menggelontorkan dana senilai 7 miliar yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat yang kurang mampu.

Dana bantuan sosial beasiswa itu pun sudah disertakan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tuban tahun anggaran 2017, yang dikhususkan untuk sekolah swasta.

"Sudah disertakan di APBD 2017, dan tinggal menunggu tahapan atau prosesnya saja," ujarnya kepada blokTuban.com, Jumat (3/2/2016)

Mantan Kepala SMA Negeri 1 Tuban itu menjelaskan, dana sebesar 7 miliar tersebut diperuntukkan bagi 5.910 siswa, dengan nilai rata-rata sekitar Rp1,2 juta per tahun bagi setiap siswa. Selain itu, para siswa juga dibebaskan biaya SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan).

"Jadi anggaran Pemkab yang dikucurkan untuk pendidikan SMA/SMK Sederajat tingkat swasta adalah senilai 7 miliar, namun itu hanya diterapkan bagi siswa yang ekonomi keluarganya kurang mampu," pungkasnya. [nok/col]