Petani Montong Kendalikan Hama Wereng Serentak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pengendalian hama wereng, yang menyerang tanaman padi milik para petani di Kabupaten Tuban terus dilakukan. Setelah beberapa hari yang lalu pengendalian hama wereng serentak dilakukan oleh petani di Kecamatan Parengan. Kali ini Kamis (2/2/2017), pengendalian hama wereng dilakukan oleh petani di Kecamatan Montong, upaya pengendalian tersebut dilakukan dengan cara penyemprotan obat anti hama wereng secara bersama-sama.

Dalam pengendalian hama wereng di Kecamatan Montong tersebut, terlibat juga beberapa instansi, yakni POPT-PHP, Kepala UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan, Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Dua Kelompok Tani di Kecamatan Montong.

POPT-PHP Kecamatan Montong Sunarto, mengatakan, pengendalian hama wereng ini dilakukan dengan serentak, yang melibatkan instansi, dan Kelompok Tani Muji Pangestu, Desa Pucangan, Kelompok Tani Maju Lestari, Desa Sumurgung.

"Pengendalian hama wereng ini bertujuan untuk menekan atau mengurangi populasi wereng coklat agar tidak semakin meluas," ujar POPT-PHP Kecamatan Montong tersebut.

Lanjut Sunarto, dengan adanya pengendalian hama wereng serentak ini, para petani berharap agar panen nanti hasilnya baik dan maksimal. "Dengan pendampingan dari semua pihak, para petani berharap hasil panen nanti baik," kata Sunarto.[hud/col]