Penyaluran Kredit Bank UMKM Unggul di Bidang Pertanian

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penyaluran kredit Bank UMKM di wilayah Kabupaten Tuban sepanjang 2016 tercatat unggul di bidang pertanian. Capaian angka penyaluran kredit tiap bulannya bahkan mencapai Rp3 miliar.

Bidang pertanian selama ini banyak menyerap dan digeluti masyarakat sebagai mata pencaharian. Hampir bidang pertanian tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Tuban.

"Penyaluran kredit di wilayah Grabagan dan Plumpang yang mendominasi sepanjang tahun 2016," kata Kepala Bank UMKM Cabang Tuban, Sanafi.

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dibawah wewenang Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut memang memfokuskan penyaluran pada kredit produktif. Sebab, penyaluran kredit sendiri membawa misi memberdayakan dan mengembangkan. Sementara jika diperuntukkan kredit konsumtif, bisa jadi akan menimbulkan kredit bermasalah dibelakang.

"Prosentase kredit untuk pertanian mencapai sekitar 60 persen dibanding bidang lain," katanya kepada blokTuban.com.

Namun, lanjut Sanafi, penyaluran kredit tidak menutup kemungkinan untuk bidang lain, asalkan bersifat produktif, seperti halnya bidang perdagangan dan perikanan pula mendapat tempat untuk pemberian kredit. [dwi/rom]