Kebutuhan Listrik KIT Diproyeksikan Capai 100 MVA

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kawasan Industri Tuban (KIT) yang berlokasi di Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban diproyeksikan membutuhkan daya listrik 100 Mega Volt Ampere (MVA).

Manajer PT PLN (Persero) Rayon Tuban, Surokim terkait pembangunan KIT terdapat pelanggan yang datang soal pemenuhan daya listrik. Pelanggan tersebut meminta kebutuhan listrik sekitar 100 MVA, hal tersebut menurut Surokim sama dengan kebutuhan PT Semen Indonesia (Persero) saat ini.

"Sekarang dominan 80 persen dipakai konsumsi industri, utamanya PT Semen Indonesia (Persero), kalau jadi bisa full 90 persen untuk industri," terang Surolim kepada blokTuban.com.

Namun, lanjut Surokim hal tersebut masih jangka panjang. Sebab seperti diketahui KIT masih belum beroperasi hingga saat ini.

"Prediksi (kebutuhan listrik, red) dilihat dari luasnya wilayah dan kemudian diketahui kebutuhan sekitar berapa," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, saat ini kebutuhan listrik di 11 kecamatan di Tuban yang berada di bawah wewenang PT PLN. (Persero) Rayon Tuban setiap bulan tercatat 130 MVA. Penggunaan sekitar 80 persen untuk golongan industri dan sisanya 20 persen untuk golongan bisnis, rumah tangga, sosial dan publik.[dwi/col]