Pemdes dan Warga Margorejo, Giatkan Siskamling

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Mulai awal tahun 2017 lalu, Pemerintah Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban memulai menggiatkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), dalam siskamling tersebut warga mendirikan Poskamling secara swadaya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com hingga saat ini terdapat 31 Poskamling yang aktif. Jumlah poskamling itu sesuai dengan jumlah Rukun Tetangga (RT) yang ada di desa.

Kepala Desa Margorejo Junaidi, mengatakan di Kecamatan Kerek baru Desa Margorejo yang memulai kegiatan siskamling, sebelum kegiatan ini berjalan sosialisasi terus dilakukan dimasyarakat dan seluruh Ketua Rukun Tetangga (RT).

"Dari tiga dusun, saat ini sudah ada 31 poskamling, yang dibuat oleh warga secara swadaya," ungkap Junaidi, Rabu (11/1/2017).

Masih kata Junaidi, ia mengaku giat poskamling ini beberapa manfaat yang dirasakan oleh warga, diantaranya desa tersebut kini lebih aman dan tertiban, gotong royong dan krukunan sesama mulai tumbuh.

Tidak hanya itu, setiap Kepala Keluarga (KK) diwajibkan untuk mengisi kotak yang berada di poskamling senilai Rp500 dan masuk dalam uang khas setiap RT untuk memajukan RTnya sendiri. "Dalam program ini, semua masyarakat terlibat, mulai dari Perangkat Desa, Linmas, RT dan seluruh warga," tambah Junaidi.[hud/ito]