Petani Keluhkan Mahalnya Biaya Penyemprotan Hama Wereng

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tingginya biaya penyemprotan hama wereng dikeluhkan sejumlah petani di wilayah Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Menurut sebagian petani, biaya penyemprotan bisa mencapai Rp300 ribu sekali semprot.

"Biayanya mahal, setiap kali penyemprotan bisa keluar biaya sampai Rp300 ribu. Itupun hanya biaya untuk pembelian obat pembasmi tanpa ongkos kerja," kata Sakur (54) saat ditemui blokTuban.com di sawahnya yang berada di timur tugu Letda Sucipto Senori itu, Senin (9/1/2017).

Sakur menjelaskan, saat ini dirinya sudah lima kali melakukan penyemprotan yang dikerjakan sendiri. Menurut dia, tanaman padi miliknya diserang hama wereng ketika berumur sekitar 50 hari dan saat ini sudah berumur sekitar 90 hari.

Belum lagi, imbuhnya, saat ini biaya tanam, perawatan, hingga panen cukup mahal. Karena keganasan hama wereng, dirinya sangat khawatir panen padinya menyusut.

"Ketika padi tumbuh normal, dari luas lahan 1,25 hektar biasanya menghasilkan 5 ton, namun jika seperti ini bisa jadi menyusut dan merugi," tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Murtadji ketika dikonfirmasi blokTuban.com melalui ponselnya tidak ada respon. Dari ponselnya hanya terdengar nada tunggu dan lewat pesan hanya ada tanda baca tanpa balasan.[rof/rom]