Ribuan Warga Kirim Doa untuk Almarhum Mbah Faqih

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Peringatan wafatnya KH Abdull Faqih, pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Langitan, Widang kelima digelar malam ini, Kamis (5/1/2017).

Acara digelar mulai pukul 19.00 WIB. Ribuan orang tampak mengikuti beberapa rangkaian kegiatan yang dipusatkan di halaman Ponpes Langitan yang terletak di Widang, Kabupaten Tuban itu. Beberapa pejabat tampak datang, mulai dari jajaran Pemkab Tuban sampai Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf.

"Ada ribuan jemaah yang hadir, termasuk warga dan para alumni pondok," jelas Muslih (29), seorang warga yang mengikuti rangkaian acara kepada blokTuban.com.

Ribuan orang itu secara berjamaah melakukan tahlil, shalawat nabi, dan juga mengirimkan doa untuk kiai kharismatik itu. Almarhum Mbah Faqih, begitu warga sekitar memanggil, selama ini dikenal sebagai kiai karismatik dan menjadi panuta tokoh-tokoh nasional di Indonesia.

Selain dengan santri, beliau juga dikenal sangat dekat dengan masyarakat sekitar pondok. Kesederhanaan dan kelembutan sikapnya merupakan teladan bagi santri ataupun masyarakat secara umum.

Mbah Faqih wafat pada Rabu 29 Februari 2012 dalam usia 79 tahun. [dwi/col]