Pekerja Asal Cina Dominasi Tenaga Kerja Asing di Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Jumlah pekerja yang berasal dari Tiongkok atau China mendominasi jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di Tuban.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, terdapat 47 jumlah total TKA yang terdaftar di Dinas Sosial Tenaga Kerja Tuban. Dari jumlah tersebut diketahui sebanyak 41 berasal dari negeri berjuluk tirai bambu tersebut.

"Pekerja asal Cina kebanyakan kerja pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Awar-Awar di Kecamatan Jenu," kata Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang pada 2016 dijabat Harsono Tri Asworo.

Seperti diketahui, PLTU Tanjung Awar-Awar dikerjakan oleh China National Electric Engineering Co.Ltd. Secara otomatis perusahaan tersebut menyerap banyak TKA asal China.

Sejauh ini, data TKA yang berada di Tuban tercatat di Dinas Sosial Tenaga Kerja yang membidangi hal tersebut. Pendataan TKA dari tahun ke tahun dilakukan untuk menghindari adanya TKA ilegal yang berakhir merugikan daerah.

Para ekspatriat di Tuban bekerja di perusahaan multinasional yang bergerak di beberapa bidang. Selain PLTU, beberapa perusahaan tempat TKA bekerja yakni di PT Holcim Indonesia Tbk, PT Semen Indonesia, PT Hasil Laut Indah dan PT Industri Kemasan Semen Gresik. [dwi/rom]