Siswa SMA Dominasi Laka Tingkat Pelajar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kejadian kecelakaan di Kabupaten Tuban cukup tinggi menjelang akhir tahun 2016. Tercatat, sebanyak 2435 Pelajar menjadi korban kecelakaan lalu lintas tersebut.

Dari jumlah korban pelajar tersebut, rinciannya adalah sebagai berikut. Untuk pelajar SD ada sebanyak 86 siswa yang menjadi korban kecelakaan, SMP ada 170 siswa, SMA ada 2078 siswa, Perguruan Tinggi ada 52 mahasiswa, dan Lain-lain ada sebanyak 49 orang.

Dari pemaparan data diatas, maka dapat disimpulkan bahwa jumlah kecelakaan dikalangan pelajar terbanyak didominasi oleh Siswa SMA.

Kasatlantas Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Eko Iskandar mengatakan, memang dalam data kecelakaan yang dirilis Lantas untuk data tingkat pelajar yang paling banyak menjadi korban adalah siswa SMA.

Beberapa faktor melatarbelakangi kejadian tersebut, seperti korban tidak tertib mematuhi peraturan lalu lintas dan kurangnya kehati-hatian saat berkendara.

"Jadi untuk tingkat pelajar yang paling banyak mengalami laka adalah siswa SMA," Ujar Eko kepada blokTuban.com (Jumat, 30/12/16)

Mantan Kasatlantas Polres Blitar itu mengharap, agar pengendara kendaraan roda dua ataupun roda empat harus berhati dan senantiasa mentaati rambu-rambu lalu lintas. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

"Harus berhati saat berkendara dan patuhi peraturan lalu lintas," pungkasnya.[nok/ito]