Buruh Kumbung Tertimpa Runtuhan Gunung Kapur

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kecelakaan kerja terjadi di pegunungan batu kapur berada di Desa Pucangan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Selasa (20/12/2016). Kejadian tersebut menimpa Syamsul (40) buruh kumbung, asal Dusun Gemulung, Desa Gesikharjo, kecamatan setempat.

Berdasarkan kronologi, pada pukul 12.30 WIB korban bersama 14 buruh lainnya telah berisitirahat. Saat semua teman korban tengah keluar dari areal tambang, korban memilih untuk beristirahat di dalam tambang kapur tersebut.

Tanpa diduga, sebuah bongkahan kapur yang berfungsi sebagai atap justru runtuh. Akibatnya, Syamsul yang tengah beristirahat itupun menjadi korban kejadian kecelakaan itu.

Kapolsek Palang, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Murni Kamariyah mengatakan, korban tertimpa reruntuhan atap tambang gunung kapur. Diduga atap tambang yang berukuran 4x5 meter itu kondisinya sudah tidak mampu menahan beban, sehingga ambruk.

"Itu atap di atasnya korban, karena saat itu korban sedang beristirahat," ujar Murni kepada blokTuban.com

Selanjutnya Murni menjelaskan, petugas yang mengetahui informasi tersebut langsung datang ke lokasi guna melakukan evakuasi. Saat evakuasi petugas berhasil menemukan tas yang digunakan korban untuk bekerja. Di dalam tas tersebut terdapat HP, kunci motor, dompet berisi SIM, KTP dan sejumlah uang tunai. [nok/col]