Makanan Kaleng dari Daging Babi ada di Swalayan Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Operasi makanan dan minuman (mamin) juga dilakukan di toko swalayan, Selasa (20/12/2016). Pada salah satu toko yang menjual berbagai macam kebutuhan, terutama mamin di Tuban ditemukan makanan berspesifikasi khusus yang mengandung daging babi berbaur di rak makanan lain.

Bertolak dari pasar baru Tuban, tim gabungan yang terdiri dari petugas dari Dinas Perekonomian dan Pariwisata serta aparat keamanan dari Polres Tuban dan Satpol PP, menuju salah satu swalayan besar di Tuban. Operasi mamin pertama dilakukan pada kemasan parcel yang di dalamnya berisi berbagai macam produk mamin.

Dijumpai pada swalayan tersebut, beberapa parcel atau bingkisan untuk edisi Natal dan Tahun Baru berjajar rapi, lantas pada salah satu parcel dibuka dan dilakukan pengecekkan pada kemasan serta batas kadaluarsa produk.

Lanjut, pada salah satu lorong khusus makanan, tim operasi memin menemukan makanan olahan berbahan daging dalam kaleng yang digolongkan makanan berspesifikasi khusus. Pada kaleng pembungkus produk dikatakan makanan tersebut mengandung daging babi. Beberapa makanan mengandung daging babi tersebut berjajar rapi di rak paling bawah bersanding dengan produk makanan lainnya.

"Memang tidak ditemukan produk rusak atau tidak layak konsumsi. Namun ditemukan ada makanan yang mengandung daging babi," terang Kabid Perdagangan, Bhismo S. Adji.

Mendapati hal demikian, Bhismo mengimbau kepada pengelola swalayan untuk membedakan makanan dengan spesifikasi khusus. Ia meminta pihak swalayan untuk berhati-hati dalam mendisplay produk bernama MA Ling yang diproduksi di Surabaya tersebut.

"Jangan dicampur dengan makanan yang lain," tandasnya.

Pada saat bersamaan, salah seorang pengelola toko swalayan tersebut, Fajar, bungkam saat ditanya terkait temuan dan himbauan dari Kabid Perdagangan tersebut.

"Tidak mbak ya," ucapnya menolak memberikan tanggapan kepada blokTuban.com. [dwi/rom]

 

operasi-mamin-tuban-babi