Penanaman Pohon Pecahkan Rekor Filipina
 
Reporter: Moch. Sudarsono
 
blokTuban.com - Di hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMI), Indonesia berupaya memecahkan rekor penanaman pohon massal yang sebelumnya didapat oleh Filipina. Filipina mendapatkan penghargaan dari Guinnes Rekor Internasional atau Guinness World Record, dengan menanam sebanyak 223 ribu pohon. 
 
Pada hari ini, dalam memperingati HMPI dan BMN, Indonesia melakukan penanaman sebanyak 238 ribu pohon dalam waktu satu jam dengan jumlah penanam sebanyak 5500 orang. Penanaman itu langsung dipimpin oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo.
 
 
Presiden yang kerab disapa Jokowi itu, dalam sambutannya mengajak seluruh warga negara Indonesia untuk tidak melupakan menamam. Mantan Wali Kota Solo itu mengibaratkan menanam pohon itu sama dengan menanam harapan ataupun doa.
 
"Menanam adalah doa, menanam adalah harapan," katanya dalam sambutan.
 
Waktu satu jam yang digunakan untuk memecahkan rekor itupun berhasil dengan berakhirnya penilaian oleh tim dari Guinness Rekor internasional. Pukul 12.00 WIB, Indonesia dengan resmi menyabet Guinness Rekor internasional dengan melampaui penanaman yang sebelumnya didapat oleh Filipina.[nok/ito]