Pengurus MUI Desa Se-Kecamatan Bangilan Dikukuhkan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) tingkat desa se-Kecamatan Bangilan dikukuhkan oleh Camat Bangilan. Pengukuhan pengurus baru periode 2016-2021 dilakukan di pendopo Kecamatan Bangilan, Kamis (13/10/2016).

Pengukuhan langsung dilakukan oleh Camat Bangilan, Sartono disaksikan oleh ketua dan pengurus MUI Kecamatan dan juga ketua MUI Kabupaten Tuban, Kasduri dan Muspika Kecamatan Bangilan.

"Dengan terbentuknya MUI tingkat desa, kami minta kerukunan umat beragama bisa terjaga," ujar Sartono kepada blokTuban.com, Kamis (13/10/2016).

Pihaknya juga mengharpkan, adanya pengurus MUI hingga tingkat desa mampu menjadi benteng atau filter masuknya paham-paham yang mengacaukan ketentraman desa. Selain itu para ulama yang terpilih diharapkan bisa membangun manusia sesuai cita-cita agama dan negara.

"Demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ulama berperan di dalamnya," katanya.

Terpisah, Kasduri, ketua MUI Tuban mengatakan, pihaknya mengapresiasi semua pihak yang terlibat di dalam kegiatan pengukuhan hari ini. Ia beranggapan forum pengukuhan merupakan awal tali silaturahmi antara ulama dan umara baik tingkat desa maupun kecamatan.

"Terima kasih kami sampaukan semua pihak, semoga ini menjadi forum silaturahmi," ungkapnya.

Terkait program ke depan pihaknya ingin, para pengurus mampu memetakan para Ulama yang ada untuk dirangkul demi kemaslahatan umat. Mengenai pembinaan masyarakat nanti adalah tugas MUI Kecamatan dan Kabupaten.

"Kami berharap para Ulama yang berada di desa mampu meneruskan cita-cita Wali di Tuban," pungkasnya.[rof/col]