Pembukaan Porkab IV Tuban Dialihkan di Pendopo

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pembukaan pekan olahraga kabupaten (Porkab) IV akhirnya dibuka. Sebelumnya yang diagendakan dihelat Sabtu (8/10/2016) malam diundur sehari, yakni malam ini, Minggu (9/10/2016) .

Mundurnya jadwal tersebut, lantaran menyesuaikan agenda Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Pasalnya, di hari Sabtu Menpora masih mengikuti pembukaan The Association For International Sport For All (TAFISA) World Games 2016 (Olimpiade Olahraga Rekreasi/Tradisional) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Tak hanya itu, pembukaan Porkab IV yang awalnya dijadwalkan di alon-alon Tuban tidak jadi, lantaran hujan deras mengguyur kota Tuban dan sekitarnya. Akhirnya pembukaan dialihkan di pendopo Krido Manunggal.

Menpora beserta Bupati dan wakilnya dengan didampingi DPR RI, Muawanah menabuh bonang, sebagai tanda diresmikannya pembukaan turnamen bergengsi Porkab ke – IV. Even dua tahunan tersebut, diselengarakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban, sebagai upaya pencarian bibit-bibit dalam bidang olehraga di Bumi Wali.

Ribuan atlit berbagai Cabang Olahraga (Cabor), dari dua puluh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban, turut dalam upacara pembukaan tersebut. Dalam upacara tersebut, disuguhkan maskot dari 20 kontingin mempertunjukan keunikannya.

Dalam sambutannya Bupati Tuban, Fathul Huda menyampaikan, diharapkan dengan digelarnya Porkab ke-IV, mampu memunculkan bibit-bibit muda berbakat dalam bidang olahraga, dengan adanya Porkab mampu menjadi motivasi para atlet muda untuk berkembang lebih baik dan berprestasi.

"Dengan adanya Porkab kita akan menggali potensi atlet," ujar Mantan Ketua PC NU Tuban itu, Minggu (9/10/2016).

Lebih lanjut pihaknya menyampaikan, didalam ajang dua tahunan ini para atlet harus bisa menggunakan kesempatan ini untuk belajar. Selain itu, dengan dipertemukannya para atlet dari berbagai Cabor dan dari kontingin berbeda, dapat digunakan sebagai ajang silaturahmi.

"Semoga porkab ini selain sebagai ajang belajar juga kesempatan menjalin silaturahmi," imbuhnya.

Sementara untuk perkembangan olahraga dalam pemaparannya, pemerintah Kabupaten Tuban telah berhasil membangun sarana olahraga, semisal Gedung Olahraga (Gor), wisma atlit, memperbaiki lapangan bola lokajaya, dan kedepan rencananya akan terus berusaha membangun area-area olahraga.

Sementara itu, dalam sambutannya Menpora, Imam Nahrowi mengungkapkan, Porkab di Kabupaten Tuban adalah yanh sepesial, menurut politisi PKB itu, selama menjabat sebagai menteri baru pertama kali membuka even porkab di seluruh Kabupaten se-Indonesia.

"Menurut saya ini adalah yang paling sepesial, soalnya baru pertama kali," ungkap alumni UINSA Surabaya itu.

Pihaknya juga berharap dengan adanya porkab ini, Tuban sebagai kota yang melahirkan atlet berskala dunia. Pesan untuk para atlit lanjutnya, jangan berharap menang dan hebat, namun seorang atlet harus bermimpi sebagai olimpian.

"Saya juga perlu memberi apresiasi program pemkab Tuban dalam membangun sarana olahraga," tegasnya.

Terlebih, pembukaan porkab pada malam hari baru kali pertama dihelat di Bumi Wali.[rof/ito]