Tak Ada Aktivitas, Jadi Penyimpanan Pakan Ternak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sepi tak berpenghuni, itulah nasib salah satu lembaga pendidikan tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang ada di Desa Talun, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Sekolah Dasar Negeri yang bernomor 314 itu sudah sekitar dua tahun tak ada lagi kegiatan belajar mengajar.

Lembaga sekolah yang menjadi tanggungjawab pemerintah itu, hanya tinggal bangunan yang masih berdiri kokoh, namun tak sedikit dari beberapa ruang kelas sekolah tersebut sudah mulai keropos, atap untuk meneduhi bangunan itupun sudah terlihat ada yang bocor.

Suara puluhan bahkan ratusan anak yang dulu sempat meramaikan kawasan sebelah selatan Desa Talun ini, kini sudah tidak dirasakan oleh warga setempat, terkadang beberapa warga pun rindu akan keramaiannya seperti dulu.

"Sekitar tahun 2009 kegiatan di sekolahan ini masih aktif dan ramai, mungkin itu masih ada sekitar 80 anak lebih yang sekolah," ungkap warga sekitar, Radi (50) kepada blokTuban.com.

Saat blokTuban.com mencoba membuka salah satu ruangan yang ada dan tak terkunci, sudah tidak ada lagi satu kursi maupun meja yang tersisa di dalamya, adapun kenangan yang masih ada yakni papan tulis yang melekat di tembok.

Disamping itu, lantaran pintu setiap kelas tak terkunci, warga sekitar memanfaatkan kelas yang kosong tersebut untuk menimbun pakan ternak. Terlihat beberapa ruangan kelas ada tumpukan jerami dan batang tanaman jagung (tebon) kering.

Kepada bloktuban.com, warga sekitar yang lain, Rustini (35) mengatakan, bahwa setelah proses belajar mengajar itu ditiadakan, semua isi dan apapun yang masih bisa dipakai di sekolah tersebut diangkut menggunakan mobil.

"Semua isi yang ada di dalam kelas dibawa semua, entah mau dipindahkan kemana, begitu juga dengan tiang bendera. Awalnya bapak saya meminta, namun katanya masih akan digunakan," tambah Rustini.

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi sekolah yang sudah tidak terpakai itu, masih meninggalkan gedung beberapa ruang kelas, dan berada tepat di salah satu depan kelas masih terpajang identitas sekolah dari kayu yang bertuliskan 'Pemerintah Kabupaten Tuban, Dinas Pendidikan, Sekolah Dasar Negeri Talun No.314 Kecamatan Montong, Jl. Jenggolo Manik Kode Pos. 62357. [hud/rom]

 

sdn-talun-1*SD Negeri Talun, dulu untuk kegiatan belajar mengajar, kini berubah menjadi tempat penyimpanan pakan ternak.