Hasil Panen Sukun di Desa Maindu Melimpah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ribuan pohon sukun yang tumbuh di Desa Maindu, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban telah dirasakan manfaatnya oleh warga desa setempat. Selain untuk melindungi sumber mata air, warga juga memanfaatkanya untuk dijadikan penghasilan tambahan.

Selama ini, pohon-pohon sukun yang tumbuh di Desa Maindu tersebut dalam satu tahun bisa panen hingga tiga kali. Setiap kali panen satu pohon bisa menghasilkan hingga tiga kuintal buah sukun.

Kepala Desa Maindu, Tulip Adi Tahar mengatakan, di Desa Maindu ada sekitar 1.000 pohon sukun lebih yang telah berbuah tumbuh di lahan persil, juga ada yang tumbuh di pekarangan milik warga.

"Kurang lebih luas lahan yang pohon sukunnya tumbuh banyak ada sekitar lima hektare lebih," ungkap Tulip kepada blokTuban.com.

Tulip menambahkan, agar proses panen sukun mendapatkan hasil yang maksimal, ia berharap agar masyarakat bisa mengolah hasil sukun menjadi sebuah produk jadi. Karena saat ini, hasil panen sukun yang melimpah itu hanya dibeli oleh tengkulak liar yang harganya sangat rendah.

"Ke depan saya berharap agar warga lebih kreatif dalam mengolah sukun," pungkasnya.[hud/col]