Faktor Cuaca, Perkembangan Ayam Potong Tak Optimal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Cuaca tak menentu menyebabkan para peternak ayam potong yang berada di Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mengeluh, Sabtu (10/9/2016). Pasalnya faktor cuaca tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan ayam potong yang diternak oleh warga setempat.

Seperti halnya yang diungkapkan Sahudi (43), salah satu peternak ayam potong mengungkapkan musim ini ayamnya sebanyak 3.000 ekor mengalami perkembangan yang kurang maksimal. Ayam berumur 22 hari tersebut hanya memiliki berat 8 ons.

"Kemarin saya timbang satu ekor beratnya hanya 8 ons, padahal standartnya usia segitu berat bisa mencapai 1 kilogram," ungkap pria yang menggeluti ternak ayam sejak 2002 ini kepada blokTuban.com.

Ia menambahkan, perawatan dan pemberian makanan telah sesuai yang dianjurkan. Di samping itu pemberian vitamin juga telah dilakukan rutin agar daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh ayam potong tersebut tetap sehat.

"Tidak ada tanda-tanda penyakit saat ini, hanya saja berat ayam tersebut menurun sehingga diperkirakan saat panen hasil juga menurun," pungkas Sahudi.[hud/col]