SSA Resmi Diterapkan, Banyak Pengendara yang Melanggar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sistem Satu Arah (SSA) Jalan Basuki Rahmat Resmi Diberlakukan hari ini, Kamis (1/9/2016). Pemberlakuan SSA dimulai dari perempatan Kembangijo hingga pertigaan Gardupapak Jalan Veteran.

Sejak mulai diterapkan, banyak ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara Sepeda motor dengan cara menerobos Sistem Satu Arah yaitu dari arah barat ke timur.

Disampaikan Kanit Tur rajawali Satlantas Polres Tuban, IPDA Asik, banyak pengendara motor yang melawan arus. Padahal sudah jelas SSA sudah diterapkan dan resmi diberlakukan.

Seharusnya pengendara sudah mengetahui bahwa tidak diperbolehkan melintas ke arah timur.

"SSA Sudah resmi diberlakukan, Perbup No 35 tahun 2016 tentang pengaturan lalu lintas ruas jalan dalam kota Tuban sudah ditetapkan," Ujar Asik kepada blokTuban.com saat menertibkan pelanggar lalu lintas.

Lantas, pria berpangkat balok satu dipundak itu menjelaskan, bahwa penertiban akan dilakukan secara bertahap. Karena, Asik menilai, pengendara masih perlu beradaptasi atas pemberlakuan SSA. Namun demikian, sanksi administratif tetap akan dilakukan bagi siapapun yang melanggar.

"Sudah banyak yang melanggar, namun belum bisa dihitung, karena akan kita kalkulasikan hitungan per hari," pungkasnya.[nok/ito]