Angin Kencang, Nelayan Mogok Melaut

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Cuaca buruk menerpa pantai utara Tuban. Alhasil nelayan tidak dapat beraktifitas menangkap ikan seperti biasanya.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebut kondisi buruk di perairan pantai utara Tuban ini sudah sepuluh hari terjadi. Angin kencang dan gelombang tinggi menyebabkan nelayan enggan melaut.

"Tinggi gelombang sekitar satu meter setengah pada perairan sepuluh mil ke arah utara," kata salah seorang nelayan, Purwanto, Rabu (31/8/2016).

Nelayan asal Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, tersebut bersama nelayan lainnya tidak dapat berbuat apa-apa. Tidak aktifitas berarti kecuali cangkruk sambil memantau kondisi laut.

"Sekarang angin kecang bertiup dari arah timur ke barat dan menyebabkan gelombang pasang," kata nelayan lainnya, Tasmiun.

Menurut penuturan Tasmiun, tidak ada nelayan yang berani melaut hingga puluhan mil ke arah tengah laut. Angin kencang menjadikan nelayan waspada jarak melaut.

"Kalau cuaca normal bisa sampai 65 mil, tapi sekarang paling jauh hanya bisa 15 mil. Sedangkan ikan banyak berada di jarak puluhan mil sana," tandasnya.[dwi/ito]