Pasar Jajajan di Tengah Kampung Arab

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Banyak yang tidak tahu, kawasan Jalan Pemuda yang penuh dengan ruko dan toko menjadi pasar jajanan di pagi hari. Hampir di sepanjang trotoar jalan yang terkenal sebagai kampung Arab tersebut, penuh dengan penjual makanan dan jajanan.

Bagi sebagian orang, lokasi tersebut memang terkenal sebagai sentra jual beli jajanan pagi hari. Mereka menempati depan pertokoan yang masih tutup. "Saya kulak di sini untuk dijual lagi keliling," jelas Numi (33), salah satu penjual keliling sayur dan jajanan di lokasi, Senin (29/8/2016).

Aktivitas pedagang jajanan yang masuk kawasan Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, tersebut hanya sebentar. Yakni antara pukul 05.00 sampai pukul 06.00. Sepinya kendaraan di pagi hari dan masih tutupnya pertokoan di jalan Pemuda menjadi keuntungan tersendiri, mereka bisa berdagang dengan lebih leluasa.

"Kalau pagi itu padat sekali, bahkan terkadang sampai memenuhi tengah jalan," kata Yusi, salah satu warga setempat.

Aktivitas pedagang tradisional tersebut hanya bisa ditemui sampai pukul 06.00. Selebihnya, aktivitas Jalan Pemuda terlihat seperti biasa. Yakni sebagai salah satu jalur perkotaan dan pusat pertokoan. [pur/rom]