Putri Nglirip, Meriahkan Resepsi Kemerdekaan Singgahan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Setelah semua rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-71 selesai dilaksanakan, Pemerintah Kecamatan Singgahan gelar Resepsi Hari Kemerdekaan, Sabtu (27/8/2016). Acara yang bertemakan ‘Semangat Kerja’ itu dimeriahkan beberapa sajian budaya Khas Bumi Wali, sapaan Kanbupaten Tuban.

Didalam sambutannya, Camat Singgahan, Jam’ul Fawaid menyampaiakan terima kasih atas partisipasi lapisan masyarakat Singgahan dalam menyemarakkan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang diraih lebih dari setengah abad itu.

“Semoga menjadi pemacu semangat berkarya bagi para jawara di Kecamaan Singgahan,” katanya, Sabtu, (27/8/2016).

Mengenai pemilihan waktu di akhir bulan Agustus, Camat Singgahan mengungkapkan, agar acara lebih meriah, karena di acara tersebut berbarengan dengan penerimaan penghargaan jawara dan sekaligus sajian beberapa hiburan rakyat asli daerah Singgahan. Dengan pemberian reward diharapkan para pembimbing terus menambah porsi latihan agar para jawara selalu siap untuk ditarungkan ketika ada event di tingkat Kabupaten maupun Nasioanal.

“Acara ini juga menjadi ajang pencarian bakat,” tandasnya.

Kemeriahan acar Resepsi Kemerdekaan makin heboh dan memuncak ketika sajian tari khas daerah Kecamatan Singgahan yang disajikan siswa-siswi SMP Negeri 1 Singgahan. Sebuah tari kolosal yang berjudul ‘Putri Nglirip’ itu hipnotis para hadirin. Rancak dan gemulainya para penari memainkan gerakan, sedot perahatian berjuta pasang mata.

“Sebisa mungkin potensi-potensi daerah juga kami hadirkan untuk lebih dikenal khalayak umum,” tutup Pak Camat.[rof/ito]