Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) telah dibacakan Soekarno dan Hatta pada 71 tahun silam. Penanda kemerdekaan bangsa itu pun diperingati dengan beragam cara oleh masyarakat di Indonesia, termasuk di Tuban.

Biasanya, masyarakat di Tuban mulai memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia sejak tanggal 16 malam. Para warga akan banyak berkumpul untuk sekadar menyambut malam kemerdekaan bersama. Jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Tuban juga akan menggelar renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) tepat pukul 00.00 WIB.

Informasi yang diterima blokTuban.com, besok sejumlah elemen masyarakat sudah mempersiapkan diri menggelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan. Upacara utama ada di Alun-alun Kabupaten Tuban yang dipimpin langsung oleh Bupati Tuban, Fathul Huda. Upacara juga akan digelar di sejumlah desa di Tuban, seperti di Desa Sumurcinde, Kecamatan Soko.

Tak mau kalah, komunitas pecinta alam di Tuban akan menggelar upacara bendera dengan cara mereka. Kabarnya Goa Ngerong di Kecamatan Rengel akan dipilih sebagai lokasi kegiatan, juga ada rencana dari tim Search and Rescue (SAR) BPBD Tuban yang akan menggelar upacara di Kecamatan Montong.

"SAR BPBD Tuban akan menggelar upacara di tebing Semar yang ada di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong," jelas Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Joko Ludiyono. [pur/col]