Hafal Teks Proklamasi dan UUD 45, Gratis Pertalite

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 bisa dimeriahkan dengan berbagai cara yang positif. Misalnya, Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) yang menggratiskan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite bagi warga yang dapat menghafal teks proklamasi atau Pembukaan Undang- Undang Dasar 1945.

Seperti dijumpai di salah satu SPBU di Tuban, terpampang pamflet bertuliskan 'Dapatkan Gratis Pertalite di Hari Kemerdekaan RI ke 71'. Hal tersebut sempat mengundang perhatian warga yang membaca pemberitahuan tersebut.

Salah seorang petugas SPBU, Siswoyo saat dikonfirmasi blokTuban.com membenarkan terkait hal tersebut. Pamflet sengaja dipasang untuk turut memeriahkan HUT RI yang jatuh pada besok, Rabu (17/8/2016).

"Ya benar mbak isi pamflet itu," katanya kepada blokTuban.com, Selasa (16/8/2016).

Pada pamflet berlogo Pertamina tersebut dikatakan untuk mendapatkan pertalite gratis cukup menghafal teks proklamasi ataupun Pembukaan UUD 1945, dengan syarat dan ketentuan bagi yang menghafal teks proklamasi mendapat gratis satu liter pertalite, menghafal Pembukaan UUD 1945 mendapat gratis dua liter pertalite dan bagi yang menghafal keduanya mendapatkan gratis tiga liter pertalite.

Sementara itu, warga yang sedang mengisi BBM, Umam (25) mengatakan cukup tertarik melihat pemberitahuan tersebut. Tapi, syarat dan ketentuan yang berlaku mengakibatkan ia tidak bisa mengikuti hal tersebut.

"Sayangnya hanya untuk pelajar di tingkat SD hingga Mahasiswa, sementara saya tidak masuk dalam salah satu syarat tersebut. [dwi/rom]