Banyak Lomba, Penjual Atribut Kebanjiran Berkah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Meriahnya perayaan HUT RI ke-71 membuat penjual perlengkapan lomba menui berkah. Tingginya animo masyarakat mengikuti berbagai aneka perlombaan membuat omset mereka naik drastis. Khususnya gerak jalan yang membutuhkan seragam group untuk mengubah tampilan lebih berbobot. Hal inilah yang membuat penjual kaos, topi, dan sepatu kebanjiran pembeli.

Upyq (23) penjaga toko Zamzam di daerah Bangilan menjelaskan, memasuki bulan Agustus, rupanya membuat tokonya harus menambah stok topi dan kaos. Pasalnya, berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, penjualan atribut lomba kekompakan ini paling banyak jadi incaran.

"Alhamdulillah prediksi saya benar terjadi," ujar Upyq kepada blokTuban.com, Senin (15/8/2016).

Menurut pemuda yang juga santri di pondok salaf Bangilan, naiknya penjualan topi dan kaos, untuk memenuhi keperluan tampilan saat gerak jalan tahun ini, mereka rata-rata siswa dari jenjang SMP atau MTs.

"Yang paling diburu adalah kaos ukuran anak berumur 13 hingga 16 tahun," imbuhnya.

Hal senada juga dilontarkan Huda (27), penjual sepatu dan topi di komplek pasar Bangilan. Menurut pria lulusan MAN Bojonegoro ini, penjualan topi meningkat drastis. Yang biasanya satu hari hanya menjual lima biji, namun untuk bulan ini sudah menghabiskan 15 slop yang berisi 24 biji.

"Di hari biasa laku hanya lima sudah syukur," tutur Huda saat ditemui di tokonya.

Menurut Huda, barang lain yang dicari oleh masyarakat selain kaos dan topi adalah sepatu. Rata-rata juga mereka gunakan untuk lomba tujuh belasan. "Bahkan para ibu-ibu juga tak mau ketinggalan membeli sepatu untuk perlombaan," pungkasnya. [rof/rom]