Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya. Misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Siang nanti, sejumlah calon jamaah haji yang bersal dari empat kecamatan di Tuban selatan akan menggelar kegiatan manasik haji bersama. Yang bertempat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Senin (25/7/2016). Hal itu disampaikan kepala KUA Senori, Edy Pujo Yuwono kepada blokTuban.com.

“Calon jamaah haji berasal dari Kecamatan Senori, Bangilan, Singgahan, dan Parengan,” jelas mantan Kepala KAU Jatirogo ini.

Lanjut Edy, sapaan akarabnya, dalam jadwal pelaksanaan yang sudah ditentukan, kegiatan ini berlangsung selama enam kali pertemuan. Mulai sejak Juli dan berakhir Agustus mendatang.

“Segala sesuatunya sudah dipersiapkan, tinggal pelaksanaan,” tandas pria yang juga pernah menjabat kepala KUA widang tersebut.

Data yang dihimpun blokTuban.com, menyebutkan, Kegiatan hari ini dimulai nanti siang (25/7/2016) pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 17.30 WIB. Adapun materi yang akan disampaikan ada tiga hal, yaitu proses perjalanan ibadah haji, bimbingan pelaksanaan ibadah haji, dan manasik kesehatan.[rof/ito]