Sangkar Burung dari Demit Jatirogo

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Desa Demit, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, merupakan salah satu sentra pembuatan sangkar burung. Kerajinan industri rumahan ini, pemasarannya tak hanya menjangkau Jatirogo saja, namun sudah sampai beberapa daerah di luar Jatirogo, khususnya di Jawa Timur dan Jawa tengah.

Bahkan, sangkar burung buatan warga Demit, saat ini laris di pasaran dan masih menjadi primadona bagi konsumen, baik dari Tuban sendiri maupun luar Tuban.

Darmawan, perajin sangkar burung dari Dusun Kutu, Desa Demit, Jatirogo mengatakan, jika sebagian besar permintaan sangkar burung adalah tengkulak. Nantinya, sangkar tersebut akan diedarkan atau dipasarkan lagi ke daerah Jatirogo, Kerek, Tuban, Rembang dan lainnya.

"Untuk penjualan sangkar burung sendiri bervariasi. Bagi para tengkulak biasanya pengambilannya secara partai atau set, sedangkan untuk pengguna pribadi juga bisa beli secara bijian," terang pria yang akrab dipanggil Wawan.

Terpisah, Kepala Dusun (Kadus) Kutu, Jumain mengatakan, pihaknya sangat bangga dengan hasil kreativitas warganya. Pihak Desa akan selalu mendukung dan membantu pelaku ekonomi kreatif guna meningkatkan taraf hidup warganya.

"Mayoritas produsen sangkar burung di Desa Demit masih amatiran. Perlu strategi yang pas agar usahanya tetap jalan," ujar Kadus saat ditemui di kediamannya.

Dia menambahkan, untuk saat ini pengrajin sangkar burung di Dusun Kutu tinggal Wawan yang bertahaan. Padahal dulu sudah ada sekitar 5 orang. [rof/rom]