Dari 2 Kambing, 11 Tahun Menjadi 200

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjadi seorang peternak haruslah mempunyai keuletan dan kesabaran yang tinggi, hal tersebut merupakan kunci untuk menuai hasil yang sesuai dengan harapan.

Seperti halnya Ashari (40), peternak asal Desa Wolutengah, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini, untuk merintis peternakannya tersebut ia harus berusaha keras hingga jatuh bangun, namun dengan kesabarannya tersebut ia mampu menjadikan peternakannya sebagai peternakan percontohan.

Pada awalnya, kata Ashari bercerita kepada blokTuban.com, sebelum merintis peternakan kambing PE dan jawa, ia adalah seorang sopir pribadi di salah satu peternakan terbesar di Kota Tuban. Saat itulah suami Harini ini mulai belajar dan memperoleh banyak pengalaman dalam bidang berternak.

"Sebelum merintis peternakan saya adalah sopir pribadi di salah satu peternakan di wilayah Kecamatan Bancar," ujar Ashari kepada blokTuban.com.

Baru kemudian pada tahun 2006, ia diberi bosnya dua ekor kambing betina, untuk dipelihara saat di rumah, dengan begitu warga RT 05 tersebut terus mencoba dan tidak sedikit kendala yang dihadapi.

Dari pengalaman dan ilmu yang pernah ia peroleh dari tempat ia bekerja, semuanya diterapkan namun pada saat itu rezki belum memihak padanya. "Saat masih dua ekor saya nyaris frustasi, karena pengalaman saya yang telah saya terapkan tidak membuahkan hasil, yaitu dua kambing betina yang telah beberapa tahun saya pelihara tidak beranak," jelasnya.

Namun saat itu perawakan kambing pemberian bosnya tersebut bertambah besar dan gemuk, sehingga Ashari dipercaya agar melanjutkan bidang peternakan, dengan diberi ganti kambing.

Lalu dengan benyaknya pengalaman-pengalaman saat bekerja di peternakan, dan mengikuti beberapa pelatihan akhirnya setelah empat tahun, tepatnya 2010 peternakannya menjadi peternakan percontohan kegiatan pelatihan petani dan pelaku agribisnis.

"Setelah empat tahun berjalan peternakan saya menjadi peternakan percontohan kegiatan pelatihan dan pelaku agribisnis," tandasnya.

Dengan bermodalkan sebuah kandang berukuran kecil untuk dua ekor kambing, saat ini kambing yang diternak telah mencapai 200 ekor. [hud/rom]