Sukses Produksi Marning, Kembangkan Produksi Keripik

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Di kota kecil Jatirogo, sekitar 60 km dari Kabupaten Tuban, Jawa Timur tumbuh subur komoditas pertanian utamanya padi dan jagung. Keadaan tersebut turut mendukung tumbuhnya aktivitas perekonomian kreatif di wilayah Jatirogo, tepatnya di Desa Sadang. Terbukti, adanya beberapa produsen marning jagung di wilayah tersebut.

"Produk camilan unggulan industri kecil menengah Kabupaten Tuban di wilayah Jatirogo adalah marning jagung," kata Sudrajat, Plt. Camat Jatirogo.

Dijelaskan, untuk usaha marning jagung di Desa Sadang sudah berlangsung turun temurun. Ini berkaitan dengan Jatirogo sebagai daerah agraris, yang mayoritas penduduknya menanam jagung, disamping padi dan hasil pertanian lainnya.

Selain Marning, Sadang juga mulai merambah ke komoditi lain, pisang misalnya. Untuk jenis usaha jajanan ada beberapa pembuat makanan ringan berupa keripik pisang. "Sementara usaha keripik pisang baru mulai kami kembangkan," ungkap Kholip (33), warga Sadang, kepada blokTuban.com.

Ia menambahkan, dalam satu hari saja, ia mampu memproduksi sekitar lima tandan pisang. Bahannya ia dapatkan dari pasar Jatirogo. Untuk proses pembuatan, Kholip dibantu satu orang rekan kerjanya.

"Dari lima tandan pisang kita bisa produksi keripik sebanyak 15 kg. Dengan harga perkilonya 35 ribu," ujar bapak satu anak ini.

Diketahui, Kholip sudah tujuh tahun menjalankan bisnis kuliner tersebut. Di saat marningnya sudah mulai menguasai pasaran, ia mencoba mengembangkan ke produksi keripik pisang dan ubi jalar. [rof/rom]