Minat Baca Rendah, Satu Persen Sebagai Anggota Perpustakaan Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Minat membaca masyarakat Tuban masuk kategori rendah. Bagimana tidak, satu persen dari jumlah keseluruhan penduduk Tuban baru tercatat sebagai anggota aktif perpustakaan umum daerah.

Data yang dihimpun blokTuban.com menyebut jumlah anggota aktif perpustakaan umum daerah akhir Juni 2016 sejumlah 9.786 orang. Sementara itu, data litbang blokTuban menyebut jumlah penduduk pada tahun 2014 sesuai data Badan Pusat Statstik Tuban terdapat 1.291.665 jiwa.

"Masyarakat Tuban masih kurang minat bacanya. Tapi dari pada di tempat lain (daerah sekitar Tuban), minat baca di Tuban terbilang lebih tinggi," kata Staff Pelayanan Perpustakaan Umum Tuban, Sumartiah kepada blokTuban.com.

Dari pantaun blokTuban.com, jumlah buku di perpustakaan Tuban cukup untuk memenuhi kebutuhan informasi terkait literasi. Berjajar rak buku dengan beberapa genre atau bidang disiplin ilmu dapat dijumpai.

Perpustakaan yang berlokasi di Jalan Sunan Kali Jaga tersebut memiliki akses mudah. Berada disekitar kota, memudahkan masyarakat untuk menjangkaunya.[dwi/ito]