Dinkes Jamin Tuban Bebas Vaksin Palsu

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Peredaran vaksin palsu, yang menggegerkan publik di Indonesia selama beberapa pekan terakhir cukup membuat masyarakat resah. Tak terkecuali, warga di Kabupaten Tuban.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Saiful Hadi, menjamin vaksin-vaksin yang dipakai di Tuban terjamin keasliannya. "Seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Tuban dijamin aman dari peredaran vaksin palsu," kata Saiful, Sabtu (2/7/2016).

Dia katakan, vaksin yang beredar di Puskesmas, Rumah Sakit, bidan praktek, dokter spesialis anak, dan fasilitas-fasilitas kesehatan swasta, semuanya mengambil dari Dinkes yang diproduksi Biofarma, sehingga keasliannya sudah terjamin dan terpantau.

"Jadi semuanya mengambil (vaksin) dari Dinkes, sehingga keaslian dan keamanannya bisa dipertanggungjawabkan," jelas Saiful Hadi.

Meski begitu, Saiful mengatakan petugas tetap melakukan sidak dan pemantauan supaya. Selain sebagai langkah pengawasan, juga untuk menekan kekhawatiran masyarakat terkait peredaran vaksin palsu, seperti yang ada di Jakarta, Banten, dan daerah Jawa Barat.

"Sosialisasi juga akan diberikan melalui petugas Puskesmas dan rumah sakit, supaya masyarakat tidak khawatir dengan vaksin yang ada di Tuban," tandas Saiful. [pur/ito]

ilustrasi: health.kompas.com