Mudik Lebaran, Kartu BPJS Bisa Digunakan di Semua Faskes

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Selama arus mudik Lebaran berlangsung, seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bisa mendapatkan pelayanan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Upaya ini dilakukan agar peserta JKN mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal dimana pun dia berada. “Selama mudik Lebaran 2016, peserta aktif BPJS Kesehatan bisa langsung berobat ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan tanpa harus membawa rujukan. Aturan ini berlaku di seluruh Indonesia,” jelas Plt. Kepala Puskesmas Bangilan, drg. Risa Wahyuningsih, Sabtu (2/7/2016).

Kemudahan yang diberikan kepada peserta JKN saat mudik lebaran tanpa harus mengikuti alur sistem rujukan ini, berlangsung selama 14 hari (30 Juni hingga 13 Juli 2016) diseluruh rumah sakit di Indonesia yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Kentuan ini mulai ber­laku terhitung H-7 sampai H+7 lebaran tahun ini. Masyarakat bisa lang­sung berobat ke IGD rumah sakit yang bekerjasama de­ngan BPJS tanpa memakai rujukan,” imbuhnya.

Pihaknya juga menandaskan, ketika mudik atau pulang kampung peserta BPJS Kesehatan harus memastikan selalu membawa kartu peserta dan memastikan kartu tersebut aktif. Artinya, iuran BPJS jangan sampai menunggak agar peserta dapat langsung berobat tanpa ada kendala.

“Dengan sistem berobat tanpa rujukan ini, maka setiap rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS tidak dibenarkan menolak pasien. Juga tidak boleh meminta bayaran dari peserta. Jadi pasien BPJS Kesehatan tidak perlu ragu lagi berobat ke rumah sakit, saat flu, demam, batuk atau penyakit lain yang dihari biasa ditangani di klinik atau puskesmas sebagai Faskes tingkat Satu (Faskes 1),” pungkasnya.

Dapat dihimbaukan, Bagi para pemudik yang melintas jalur alternati turut Bojonegoro-Jatirogo bisa memanfaatkan layanan Faskes 1 di sepanjang jalur. Agar perjalanan tetap nyaman dan selamat sampai tujuan.[rof/ito]

Berikut Fasilitas Kesehatan Puskesmas sepanjang jalur alternatif Tuban selatan:

1.    Puskesmas Ponco, Jl. Raya Ponco, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
2.    Puskesmas Parengan, Jl. Cokrokusumo 472, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
3.    Puskesmas Singgahan, Jl. Panglima Sudirman No. 9, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
4.    puskesmas Senori Jl. Kyai Djonet 61, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
5.    Puskesmas Bangilan Jl. Raya Bangilan 180, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
6.    Puskesmas Jatirogo , Jl. Raya Timur 131, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
7.    Puskesmas Kenduruan,    Jl. Blora No. 108, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
8.    Puskesmas Kebonharjo,    Jl. Raya Lasem No. 4 Kebonharjo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Sumber acuan: bpjs-kesehatan.go.id, dan alamatsehat.com